Curhatan Maba

Assalamualaikum semua

Udah lebaran aja nih. Mohon maaf lahir dan batin ya. Maafin kalau nyasar di lapak ane dan kagak nemu yang dibutuhin, kan udah ane tulis Nothing Found. Halah

Gimana udah pada dapet sekolah belom? Ato mau lanjut kerja? Jangan – jangan udah ke KUA. Dengan sedih gue nulis postingan kali ini. Kenapa? Gue gak lolos seleksi di 3 PTN, sebut saja dua gajah kuning. Yah walau kagak lolos, tapi gue tetep bersyukur karena gue udah jadi maba di salah satu PTN daerah gue. Gue juga lolos SBMPTN, horeee. Eitts tapi gue lolosnya di pilihan ke 3. Suka sih enggak, benci juga enggak. Tapi gue masih bingung kalau gue ambil, lah kan gue udah bayar di salah satu PTN sebelum pengumuman SBMPTN. Kalau gue tinggalin kan enggak varokah. Yah, biarlah itu jadi masalah gue.

Ganti topic tapi masih satu bahasan. Gue terkadang heran aja sama orang, berhubung gua gak di PTN ‘wow’ entah kenapa pandangan orang kok gimana gitu. Misalnya nih ditanya “Kuliah dimana?” Gue jawab univ gue. Terus orang itu bales “Kok gak di UG*?”. Kan ngeselin, emang kuliah cuma di satu tempat. Terus ada yang bilang gini juga “ Sekolah udah bagus-bagus cuma ngelanjutin di  ***.” Gue cuma ngelus dada. Sakitt woy. Gue sadar kalau otak gue gak encer se encer Einstein, tapi kenapa harus nge-judge dari tempat kuliah. Gue sadar kalau gue emang gila ngambil prodi dewa di dua gajah kuning itu. Tapi itu passion gue. Lah percuma juga kuliah di tempat bagus kalau yang lo ambil gak sesuai keinginan. Misalnya aja gue bisa masuk prodi x yang jauh di bawah prodi y waktu SBMPTN. Tapi gue gak ambil prodi x karena gue gak suka. Gue lebih milih prodi yang gue suka dari univ yang gak favorit. Walaupun kalau lo kuliah di PTN favorit lo bakal ‘mudah’ nyari kerja. Toh orang sukses gak harus dari univ favorit. Entar kalau gue ke luar negri baru tau rasa lo pada.

Temen gue yang pinter malahan belum dapet univ, soalnya emang dia konsisten sama satu prodi. Gue yakin kalau aja dia ngambil yang gradenya lebih rendah pasti diterima. Itu kan cita – citanya dia. Mungkin dia mikir kalau kuliah tapi gak suka prodinya kan percuma, mending nganggur setahun terus dapet yang dipengenin. Gue salut sama dia karena emang konsisten, gak kaya gue yang banting stir.

Gue tau, seharusnya gue gak sedih ditolak kaya gitu. Di luar sana masih ada yang kurang beruntung daripada gue. Karena gue yakin itu yang terbaik buat gue. Misalnya gue di terima di salah satu PTN itu dengan prodi yang ‘kece’ , mungkin gue akan takabur. Kan gak mungkin kalau kita udah kerja misal jadi dokter terus ditanya gini “ Bu dokter lulusan mana?” gue jawab salah satu PTS. “Wah PTS ya, kok saya ragu. Gak jadi berobat deh.” Pengen gue suntik cacing kalau ada pasien kaya gitu.

Kalau kalian yang baca ini pasti mikir kalau authornya masuk barisan sakit hati makannya ngomel-ngomel. Ya, gue emang sakit hati, tapi ini realita bro. Gue kadang bingung aja sama pandangan orang. Emak gue kemaren cerita banyak yang ngomongin kalau anaknya Pak N (bokap gue) cuma kuliah di ***. Woy, jangan bawa-bawa bokap gue.

Gak hanya univ yang diremehin, tapi juga jurusan gue. Gue anak IPA tapi masuk SOSHUM. SBMPTN gue ngambil manajemen. Dipikir gampang apa masuk SOSHUM. Gue akan cerita banting stir di postingan lain.  Temen gue yang kuliah di Fak. Kedokteran sama Fak.Teknik dibilang ‘wah’. Emang masuk sana sulit, tapi apa lo gak mikir kalau jurusan IPS juga banyak yang sulit. Orang diluar menganggap kalau masuk prodi ‘IPA’ itu pinter. Gue, yang SMA IPA aja kadang juga heran kalau anak IPS banyak banget yang pinter di atas anak IPA dan gak masuk IPA. Begitu juga anak Bahasa, emang kalau Fisika lo 100, terus Bahasa lo 100 gitu, enggak juga kan. Disini gue enggak bermaksud memojokkan anak ‘IPA’. Hidup itu pilihan. Gue gak suka kalau orang memandang sebelah mata sebuah keputusan yang kita ambil. Kuliah buat cari ilmu terus kerja. Ujung-ujungnya kerja kan buat nyari duit. Lah, duit kan buat elu idup. Ok sebelum tambah sebel, gue cukupin sampe disini aja.

Semangat buat yang masih berjuang kawan!!! Aku tunggu kamu jadi maba.

Salam chuu

Rafa Arsya

2 thoughts on “Curhatan Maba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s