Saat Semangat Memudar

 

Kelas 12 itu harusnya belajar giat, nilainya diperbaiki biar bagus, harus bisa lolos SNMPTN, dapet prodi yang bagus di PTN yang keren. Tapi entah kenapa semua keharusan itu jadi hal yang sunah buat gue. Gue ngerasa semua itu akan sia-sia kalau gue mengejar keharusan itu dengan cara terpaksa. Seolah olah gue robot yang harus bisa ngelakuin semua itu. Gue gak bisa belajar terpaksa. Mungkin kalau orang mikirnya gue itu udah kelas 12 tapi kok gak nyadar-nyadar juga buat belajar. Buat kalian mungkin nilai tinggi itu sebuah kewajiban di semester akhir ini. Sebagai seorang siswa yang jangkauan belajarnya sempit, gue gak ngejar nilai bagus. Gue belajar karena tujuan gue dapet ilmu, bukan nilai. Ya walaupun gue gak nyantol-nyantol sama materi pelajaran dan selalu remidi, gue masih bisa ambil hikmahnya. Gue tahu kalau apa yang kita tanam maka apa yang kita petik itulah hasilnya. Salah ya, bodo amat.

Hubungan judul sama cerita gue itu intinya gue lagi gak mood buat belajar karena terpaksa. Gue maunya alami, karena keinginan. Gue maunya belajar buat cari ilmu. Walaupun, ya lo tahu sendiri kan. Walaupun gue sering remidi tapi gue gak malu, soalnya udah biasa sih. Nah loh. Kalau temen gue kan banyak yang ngelakuin berbagai cara buat bisa masuk PTN idaman salah satunya pake les. Gue sebenernya mau les, tapi gue gak mau ngebebanin ortu. Ya kali kalo gue les bisa lolos SNMPTN, pasti gue bakal minta les. Menurut gue les itu tergantung pribadi masing-masing.

Di kelas 12 ini gue juga rada alim, rajin solat sunnah, rajin pula nyontek. Eh loh. Tapi gue kalau ulangan jarang nyontek kok. Yang laen pada sibuk nyontek gue cuma ngelukis soal, kalau ada guru gue hapus lukisan gue. Maklum soalnya dikembaliin, modus irit. Haha

Masih dalam keadaan labil, gue gak tahu kenapa gue jadi turun semangat gini. Gue dulu itu antusias belajar. Sekarang males banget. Entah kenapa, apa jangan-jangan gue gangguan jiwa ya. Eh beneran loh waktu gue di tes, gue di ambang normal. Duh jangan sampe. Gue ngerasa normal aja kok hidup gue, cuma otak lagi gak sinkron sama belajar.

Gue juga kadang males sekolah. Walaupun di rumah gue cuma ngegalau, tapi gue males banget buat sekolah. Gue pernah bolos sekolah, tapi gue sadar itu gak baik. Tapi kalau gak mood, sama aja, gue tetep gak bisa nerima pelajaran. Gue gak tahu sama diri gue saat ini yang berubah jadi orang yang gak nafsu-nafsu amat ngejar nilai baik. Karena dari dalam diri gue, gue mikir kalau sebaik apapun nilamu, kalau cara yang kamu lakuin untuk ngedapetinnya gak lurus, ya sama aja. Gue percaya kalau Tuhan pasti memberi kita sesuai apa yang kita usahakan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s